Tuesday, July 2, 2013

Lingerie

Busana Dalam atau Lingerie adalah :
  •  Busana yang langsung melekat di badan dan mengenai kulit menutupi bagian tubuh yang peka, dan menutupi alat kelamin. Jadi pemakaiannya tidak terhalang oleh pakaian lainnya (”Underclothing”). Yang termasuk jenis pakaian ini adalah : Celana Dalam, Kutang/Bra/BH, Petticoat/Rok Dalam, Cammisole, Corset, Longtorso/Strapless, Petticoat Block/Gaun Dalam. 
  • Busana yang hanya dipakai di rumah dan pakaian untuk tidur. Yang termasuk dalam jenis pakaian ini adalah : Daster, Bebe Rumah (house coat), dan House Dress, Babby Doll, Gaun Tidur, Piyama, Kamer Jas, dan Kimono. 
Kutang / Bra/BH : 
Kutang (Bahasa Indonesia) atau Brassiere (Bra) atau Bouste Houder (BH) adalah " Penahan " bagian buah dada perempuan. BH adalah baju dalam wanita untuk menutupi payudara. Fungsi kutang/Bra/BH adalah untuk membentuk buah dada agar bentuknya bagus dan pertumbuhan-nya terbentuk. Di samping itu fungsi kutang untuk menutupi buah dada dan memberi bentuk yang lebih baik pada buah dada, sehingga nampak rapih, singset dan membuat kup busana lebih pas. Dalam memilih kutang hendaknya dipilih ukuran yang pas di badan, ukuran cup (mungkumnya) tidak terlalu kecil sehingga cukup untuk memuat buah dada. BH yang baik adalah: ukuran cup harus sesuai dengan besar payudara, tali bahu cukup besar untuk menampung dan menyokong payudara, sayap belakang juga cukup lebar agar garis ukur lilit searah diantara bagian depan dan belakang bra, pakailah bra/BH yang sesuai dengan ukuran payudara, ukuran yang tepat adalah yang utama dalam memilih bra/BH yang nyaman dipakai, memakai BH/bra yang sesuai ukurannya akan membuat wanita tampak langsing disamping dapat meningkatkan kepercayaan diri. 

Celana Dalam atau Directiore : 
Fungsi celana dalam adalah untuk menekan perut, menutupi kemaluan dan anus serta membentuk panggul. Jenis celana dalam yang bagus adalah jenis yang dapat menutupi perut, pusar, lubang selangkang tidak terlalu ketat dan bagian bawahnya berlapis beberapa lembar. Memilih celana dalam yang sesuai : sesuaikan model dengan bentuk tubuh, bahan yang terbuat dari bahan yang menyerap keringat, pemilihan warna yang sesuai dengan pakaian luar yang dikenakan. 

Petticoat (Rok Dalam) : 
Fungsi petticoat untuk memberi bentuk pada busana yang kita kenakan dan bentuk serta bagian busana tidak tembus pandang atau nampak dari luar. Rok dalam biasanya digunakan untuk rok atau busana bagian bawah yang tidak berfuring atau menggunakan kaun pelapis. Petticoat (rok dalam wanita) berfungsi menambah volume rok supaya nampak mengembang. 

Cammisole (Kamisol) : 
Fungsi kamisol adalah untuk memberi bentuk pada busana yang kita pakai yaitu busana bagian atas. Kamisol diperlukan terutama jika memakai blouse dengan bahan yang tembus terang. Bagi mereka yang mudah masuk angin penggunaan kamisol ini akan menolong agar terhindar dari masuk angin. Bahan atau kain yang digunakan untuk membuat kamisol adalah katun / linen, kaun rajutan seperti TC, tricot dan nylon. 

Corset (Angkin) : 
Fungsi angkin adalah untuk menekan perut dan pinggang agar dapat memperbaiki bentuk pinggang, perut dan panggul. Angkin biasanya terbuat dari bahan spandex , lycra dengan ukuran berat, karena bahan ini bersifat mulur (strecht) sehingga bisa menekan perut dan panggul. 

Longtorso (strapless) : 
Semacam BH, yang panjangnya sampai menutup perut, yang biasanya dipakai ketika orang berkebaya pada acara resmi atau setengah resmi. Strapless adalah Kutang tidak bertali, pas badan dan agar kain bagian atas kutang tidak turun ke bawah, maka diberi kawat pengeras depan dan belakang. 

Gaun dalam (petticoat block) : 
Gaun dalam yang dipakai sebelum pakaian luar, bentuk gaun dalam ini pas di badan dan panjangnya kurang lebih pendek dari busana luar yang dipakai. Fungsinya untuk memberi bentuk pada busana luar yang dipakai. 

Bahan yang digunakan untuk Lingerie atau Pakaian Dalam : 
  • Katun dan linen ; dapat menyerap keringat dengan baik dan mudah dibersihkan. 
  • Bahan katun menimbulkan rasa nyaman. Spandex , Lycra (Power net), Lateks, Sutra, Nilon atau Vynil untuk membuat celana dalam menjadi strecth. 
  • Tricot ; yang dibuat dari serat nylon, bobotnya terdiri dari tiga ukuran yaitu ringan, medium dan berat. Tricot dengan bobot medium dan berat biasanya banyak digunakan untuk membuat pakaian dalam.

No comments:

Post a Comment